Breaking News

PENYERAHAN BANTUAN BIBIT GURAMI DAN PAKAN UNTUK POKDAKAN BARUAH MAKMUR


img_20161215_132042img_20161215_134213

Padang Japang,17 Des 2016

Nagari Tujuah Koto Talago merupakan Nagari yang potensial di bidang perikanan,hal ini dibuktikan dengan tumbuh dan berkembangnya pelaku usaha dan pelaku utama yang bergerak di bidang perikanan (Kelompok Pembudidaya Ikan/ POKDAKAN,Kelompok Masyarakat Pengawas Lubuak Larangan/  POKMASWAS serta Kelompok Jaring Apung /KJA).

Sejalan dengan perkembangan tersebut,Dinas Perikanan bekerjasama dengan anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota  memberikan apresiasi dalam bentuk bantuan benih gurami kepada pelaku utama dan pelaku usaha di bidang perikanan (POKDAKAN Baruah Makmur Padang Jopang) Kelompok Pembudidaya Ikan (red) pada hari kamis tanggal 15/12/2016 di  jorong Padang Jopang.

Kepala UPTD Perikanan Wilayah III Kecamatan Guguak Bapak Bardenis bertindak selaku mewakili Dinas Perikanan Kabupaten Lima Puluh Kota dan didampingi oleh ibu Titik dari DPPKAD Lima Puluh Kota berharap  bantuan ini hendaknya betul-betul dapat memberikan nilai tambah serta dipelihara dengan baik sehingga bisa menguntungkan bagi anggota kelompok.

Selanjutnya Bapak Bardenis menambahkan bahwa bantuan benih gurami ini adalah suatu hal yang cukup potensial khususnya untuk wilayah Nagari Tujuah Koto Talago dan Kabupaten Lima Puluh Kota umumnya,karena di Nagari Tujuah Koto Talago ini rata-rata setiap rumah memiliki kolam tadah hujan yang dipekirakan lebih kurang 1200 unit kolam.

“Saya melihat keberadaan kolam tadah hujan yang sangat banyak di Nagari Tujuah Koto Talago ini tetapi belum mampu dimanfaatkan secara optimal padahal secara ekonomi sangat potensial ”kata Bardenis.

Lebih lanjut Bardenis menambahkan,Ikan gurami adalah ikan yang berkelas dengan harga jual yang juga lebih tinggi meskipun waktu pemeliharaannya lebih lama,kurang lebih satu tahun baru bisa panen dibandingkan dengan ikan mas atau nila yang hanya butuh waktu enam bulan,tetapi hal ini juga sebanding dengan murahnya biaya pakan karena ikan gurami lebih suka daun-daunan seperti daun talas,daun ubi dll.

Dalam kesempatan itu dilakukan acara tebar perdana benih gurami pada kolam anggota oleh Bapak Bardenis disaksikan ketua Pokdakan Baruah Makmur Bapak Muzakkir beserta anggota Pokdakan yang juga hadir di lokasi,dimana benih yang ditebar adalah benih Gurami Sago dengan ukuran 3 inci.,dengan tujuan benih tersebut sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan kolam serta tingkat kematian yang lebih rendah.(fr)

Leave a Reply