Breaking News

Prasarana dan Sarana Listrik, Komunikasi dan Transportasi

Sebagian besar masyarakat Nagari Tujauh Koto Talago sudah menikmati listrik. Tercatat sumber energi dan penerangan dari PLN hanya sedikit yang belum dapat dijangkau oleh PLN. Karena sumber energi listrik dan penerangan ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menunjang kehidupan sehari-hari, baik untuk rumah tangga, sekolah dan usaha.

Prasarana Komunikasi telpon juga telah menjangkau rumah penduduk seluruh jorong, pembangunan tower telepon telkom di Padang Jopang, seiring perkembangan zaman enam tower mobile phone (3 buah di Talago, 1 buah di Koto Kociak dan 2 buah di Padang Kandi) telah dibangun dan beroperasi sehingga seluruh jarong di Nagari Tujuah Koto Talago telah memiliki signal telepon genggam. Untuk telpon rumah masih banyak yang menggunakan untuk mengakses jaringan internet speedy. Untuk lancarnya saluran informasi media televisi sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena dilihat hampir seluruh KK memiliki televisi baik itu memakai antena, Parabola maupun saluran televisi kabel seperti indovision, tv orange dan yang lainnya, hal ini membuat masyarakat Nagari Tujuah Koto Talago tidak tertinggal informasi baik informasi lokal, nasional maupun internasional .

Transportasi, beriring dengan semakin banyaknya dibangun infrastruktur jalan dan jembatan membuat akses dari jorong ke ibukota Nagari atau dari jorong ke jorong dan ke ibukota kecamatan tidak terhambat, dimana adanya jalan utama yaitu jalan negara dari Jorong Talago sampai jorong Tanjung Jati, Jalan Kabupaten dari Jorong Padang Jopang sampai jorong Koto Kociak dibangun dengan sistem Mac Adam selain itu masih ada jalan lingkung yang menghubungkan dari jorong ke jorong dan jalan usaha tani agar masyarakat petani mudah membawa sarana produksi tani dan hasil panen ke dan dari areal pertanian selain itu adanya jembatan penghubung dari jorong Sipigai dan Padang Kandi ke Jorong Koto Kociak membuat akses transportasi lancar di nagari Tujuah Koto Talago. Transportasi yang digunakan masyarakat beragam mulai milik pribadi berupa kendaraan roda dua dan roda empat, ojek dan angkutan umum lainnya seperti angkutan desa dan bus. Hal ini mempermudah masyarakat untuk sampai ketempat tujuan mereka dalam beraktivitas sehari-hari.

Indikator Jumlah Persentase
Jumlah KK 3.230
Jumlah KK yang mengunakan penerangan 3.198 99%
Jumlah KK yang memiliki kendaraan 3.215 99,5%
Jumlah KK yang memiliki Televisi 3.188 98,6%
Jumlah KK yang memiliki Telepon 3.198 99%

Sumber: Hasil pengolahan data oleh Tim Pendataan Nagari 2013

Leave a Reply