Breaking News

Koperasi dan Badan Keuangan Mikro

  1.  

Koperasi sangat membantu gerak sektor perekonomian di Nagari Tujuah Kota Talago karena koperasi merupakan badan usaha yang tujuan utamanya mensejahterakan anggota dengan prinsip dari anggota untuk anggota dan nilai kesamaan, kekeluargaan dan gotong royong. dengan latar belakang ini lah masyarakat Nagari Tujuah koto Talago Banyak menjadi anggota koperasi. Terdapat dua unit Koperasi Unit Nagari (KUN), enam unit Koperasi Simpan Pinajam dan Kelompok Simpan Pinjam sebanyak 31 buah

Koperasi Unit Nagari di Jorong Tanjung Jati sampai saat ini sudah beranggotakan 1.860 orang dengan jumlah modal Rp.1.800.000.000 (satu miliar delapan ratus juta) unit usaha yang dilakukan adalah Rice Miling Unit (RMU), warnet, wartel, jasa angkutan dan simpan pinjam dan telah beberapa kali mendapat penghargaan tingkat nasional.

Untuk jumlah koperasi yang ada di nagari Tujuah Koto Talago dapat dilihat pada tabel berikut

Nama Koperasi Jumlah

Anggota

Unit Usaha
KUN Talago I 450 Simpan Pinjam, Pembayaran rek Listrik, Waserda
KUN Talago II 1345 Simpan Pinjam, Warnet, Waserda
Kopwan Koto Kociak 600 Simpan Pinjam, Waserda
 

Solang Tenggang

300 Simpan Pinjam
BMT DFA 150 Simpan Pinjam
KWS Tanjuang Jati 450 Simpan Pinjam

Sumber: Hasil pengolahan data oleh Tim Pendataan Nagari 2013

              Disamping Koperasi dan Badan Keuangan Mikro, ada beberapa kelompok usaha perempuan yang ada di Nagari Tujuah Koto Talago, juga mendapatkan fasilitas pinjaman modal usaha (Simpan Pinjam Perempuan/SPP) dari PNPM- Mpd Kecamatan Guguak.

Leave a Reply